Apa Penyebab Maraknya Pembunuhan Mutilasi? MENGERIKAN !!!

INDONESIA-KU NEWS. Akhir-akhir ini banyak pemberitaan di televisi yang menyinggung kasus Mutilasi. Sebenarnya apa penyebab pembunuhan yang disertai mutilasi?. Sebenarnya banyak hal yang menjadi penyebab hal ini. Si Pembunuh dengan tanpa kasihan memotong - motong tubuh korban menjadi beberapa bagian dan kemudian membuangnya. Yang lebih ironi lagi, ternyata kebanyakan yang melakukan pembunuhan mutilasi ini adalah orang terdekat si korban.


Menurut Sosiolog dari Universitas Indonesia, Musni Umar, Maraknya pembunuhan sadis disertai dengan mutilasi disebabkan karena bentuk perwujudan masyarakat yang sedang sakit. Sakit disini memiliki arti yaitu sakit karena kesulitan ekonomi. Akibatnya mereka akan mengalami stress, emosi, dan depresi, hali ini biasa terjadi pada masyarakat kalangan bawah.

Akibat depresi itu, sambung Musni, masyarakat berani dan nekat melakukan tindakan sadis dengan membunuh orang yang dikasihi atau temannya. Untuk menghilangkan jejak, korban memilih untuk memutilasi dan membuangnya ditempat yang sulit ditemukan.

Maraknya kasus pembunuhan dengan mutilasi diduga  juga karena lemahnya peran pranata penyelesaian konflik dalam hubungan sosial maupun domestik. Akibatnya, mutilasi menjadi jalan keluar bagi pelaku dengan tipe kepribadian tertentu.

Memang faktor sosial yang menjadi penyebab utama pembunuhan sadis ini diantaranya kemiskinan, kecemburuan sosial, tidak saling menghargai, dan tersepelekannya hak-hak asasi manusia. maka dari itu hukum harus ditegakkan dengan tegas, adil, dan benar.


Kejahatan seperti mutilasi, perampokan, dan lain sebagainya tidak dilihat sebagai sebuah peristiwa, namun harus segera mencari akar masalah agar tidak terus berlanjut.
(By Elga Aris Prastyo)


0 komentar:

Posting Komentar